Profil Jungkook : The Golden Maknae 'Serba Bisa'


K-POPyuk - Jeon Jeong-guk (Hangeul: 전정국; lahir 1 September 1997) atau dikenal dengan nama panggung Jungkook adalah seorang penyanyi dan anggota boy band Korea Selatan yaitu BTS atau Bangtan Boys, atau bisa juga disebut Beyond The Scene, yang dibentuk di bawah naungan Big Hit Entertainment pada tahun 2013. 

Posisinya adalah main vocalist (vokalis utama), lead dancer (penari), sub-rapper, dan center.Jeon Jungkook lahir di Busan, Korea Selatan pada tanggal 1 September 1997 dan memiliki seorang kakak laki-laki bernama Jeon Junghyun (Hangeul: 전정현).

Jungkook pernah mengikuti audisi Superstar K tetapi gagal. Setelah audisi itu Jungkook diincar oleh banyak agensi, namun memilih Big Hit Entertainment setelah melihat Rap Monster melakukan rap.

Jungkook sangat terinspirasi oleh G-Dragon salah seorang member boyband Big Bang, berkat lagu Heartbreaker. Dia juga seorang fans dari IU penyanyi wanita Korea, Justin Bieber dan Charlie Puth.

Jungkook pernah menyanyikan cover lagu duet Charlie Puth dan Selena Gomez yang berjudul We Don't Talk Anymore yang ia nyanyikan dengan 2 versi, yaitu versi solo dan duet bersama Jimin.

Jungkook memulai debut bersama BTS atau Bangtan Boys pada 13 Juni 2013, dengan lagu No More Dreamdari album perdana 2 Cool 4 Skool. Posisi Jungkook di BTS adalah main vocalist (vokalis utama), lead dancer (penari), sub-rapper, dan center.

Ia juga beberapa kali ikut serta dalam penulisan lagu-lagu yang dibawakan oleh BTS, seperti Begin (lagu solo Jungkook di album Wings) dan Magic Shop.

Ia adalah maknae (anggota termuda) di BTS dan mendapat julukan "Golden Maknae" karena serba bisa (menyanyi, menari, rap, dan olahraga). Bersama dengan 2 anggota BTS termuda yang lain yaitu Jimindan V, mereka bertiga mendapat julukan sebagai "Maknae Line".

Bersama dengan anggota BTS lainnya, ia memenangkan sejumlah penghargaan dan tampil di beberapa acara penghargaan di Korea yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA), Melon Music Awards(MMA), Asian Artist Awards (AAA), Golden Disc Awards (GDA), Seoul Music Awards (SMA), Soribada Awards, serta di Amerika yaitu American Music Awards (AMAs) dan Billboard Music Awards (BBMAs).

Pendapat Member Lain Tentang Jungkook

Suga: “Jungkook punya daya ingat yang baik jadi dia bisa meniru kami dengan baik. Dan aku ingat pas pertama kali Jungkook datang, dia lebih pendek dariku. Melihatnya tumbuh lebih tinggi membuatku merasa seperti aku telah membesarkannya.”

Jimin: “Aku lebih tua 2 tahun darinya, tapi dia selalu menggodaku karena tinggi badanku.”Jin: “Dia cukup buruk dalam menolak permintaan.”

RM: “Individualis, tidak berbagi pakaian. Mencuci bajunya secara terpisah. Sedikit malu-malu seperti maknae biasanya. Meskipun dia ingin terlihat macho, dia sebenarnya manis. Meski gairahnya meluap-luap, tapi itu tidak berlangsung lama. Sedang puber, rebel, tapi terlihat manis.”

J-Hope: “Dia itu maknae yang banyak membantah dan nggak mau mendengarkan orang lain. Meski kepribadiannya cukup ramah… Aku juga nggak paham sama dia.”

V: “Sejujurnya, dia sama denganmu. Nggak paham deh.”Suga: “Karena dia paling muda, dia masih belum dewasa. Tapi, dia dengan jelas menunjukkan apa yang dia suka dan apa yang dia nggak suka.”

Jimin: “Dia ramah, polos, dan tidak pandai mengungkapkan perasaannya. Karena itu dia manis. Dia milikku.”

Suga tentang Jungkook pas masuk SMA: “Jungkook itu paling tampan di sana.”

V tentang Jungkook pas masuk SMA: “Bukannya siswa lain jelek, tapi JK yang paling mudah di-notice karena dia tinggi.”

Biodata

  • Nama Asli               : Jeon Jeong Guk (전정국)
  • Nama Panggung : Jungkook
  • Nama Lain      : JungKookie, Kookie, JK, Golden Maknae
  • Tempat, Tanggal Lahir : Busan, Korea Selatan, 1 September 1997
  • Tinggi : 178 cm
  • Berat : 66 kg
  • Golongan Darah : A
  • Zodiak : Virgo
  • Shio : Kerbau
  • Grup  : BTS (Bangtan Boys)
  • Posisi : Maknae, Vocalist, Dancer, Rapper
  • Agency : BigHit Entertainment
  • Warna Favorit  : Merah
  • Angka Favorit  : 1
  • Hobi : Menggambar, dance, membaca webtoon dan komik
LihatTutupKomentar