Profil dan Sejarah Blackpink : Cantik dan Enerjik


K-POPyuk - Black Pink (Hangul: 블랙핑크), ditulis bergaya sebagai BLACKPINK atau BLΛƆKPIИK, adalah sebuah grup penyanyi perempuan (girl band) Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment, terdiri dari para anggota seperti Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa. Girl band ini dikenal dengan anggotanya yang sangat cantik dan enerjik.

Grup ini debut pada tanggal 8 Agustus 2016, dengan single mereka berjudul Square One, yang menghasilkan "Whistle," lagu nomor satu pertama mereka di Korea Selatan. Single ini juga menghasilkan "Boombayah", single nomor satu pertama mereka di tangga lagu Billboard World Digital Songs, yang mendapat rekor sebagai video musik debut yang paling banyak ditonton oleh artis Korea. Dengan sukses komersial mereka di lima bulan pertama, mereka memperoleh New Artist of the Year di 31st Golden Disc Awards dan 26th Seoul Music Awards.

Black Pink merupakan artis K-pop perempuan yang mempunyai lagu yang berada pada posisi tertinggi di Billboard Hot 100, berada di nomor 55 dengan "Ddu-Du Ddu-Du", dan di Billboard 200, berada di nomor 40 dengan EP berjudul Square Up. Mereka merupakan grup K-pop perempuan pertama dan satu-satunya yang memasuki dan memuncaki tangga lagu Emerging Artists Billboard.

'Mereka juga merupakan grup K-pop perempuan pertama yang mempunyai empat lagu di tangga lagu Billboard World Digital Song Sales. Di waktu yang sama saat rilis, "Ddu-Du Ddu-Du" memecahkan rekor sebagai video musik Korea yang paling banyak ditonton di YouTube dalam waktu 24 jam, sebelum dilewati oleh BTS dengan video mereka yang berjudul "Idol".

ANGGOTA BLACKPINK

1. Lalisa Manoban (Lisa)


Lalisa Manoban /Pranpriya Manoban (Thai: ลลิษา มโนบาล atau ปราณปริยา มโนบาล) (lahir di Bangkok, Thailand, 27 Maret 1997, yang lebih dikenal dengan julukannya Lisa, adalah seorang penyanyi, penari dan rapper asal Thailand yang berbasis di Korea Selatan.

Lisa adalah satu-satunya anak dari ibu Thailand dan ayah tirinya dari Swiss. Lisa menyelesaikan pendidikan menengahnya di Praphamontree School 1 dan 2. Dari usia muda, Lisa mulai tertarik dengan industri pop Korea Selatan, yaitu artis-artis terkenal Big Bang dan 2NE1, karenanya berharap suatu hari nanti akan mengikuti jejak yang sama.

Pada awal 2009, Lisa berpartisipasi dalam kontes menyanyi sebagai perwakilan sekolah untuk "Top 3 Good Morals of Thailand" yang diselenggarakan oleh Pusat Promosi Moral. Lisa menyelesaikannya sebagai runner-up. Dia juga berkompetisi dalam banyak kontes tarian termasuk "To Be Number One".

Segera setelah itu, ia bergabung dengan kru tari We Zaa Cool, yang terdiri dari sebelas anggota termasuk BamBam dari Got7. Pada bulan September 2009, mereka memasuki kompetisi yang disiarkan oleh LG Entertainment Million Dream Sanan World di Channel 9, dan memenangkan Penghargaan "Tim Khusus".[9]

Pada 2010, Lisa mengikuti audisi untuk bergabung dengan YG Entertainment di Thailand. Di antara 4.000 pelamar, dia adalah satu-satunya individu yang lulus. Dia secara resmi bergabung dengan label sebagai trainee asing pertama mereka pada 11 April 2011. Pada Maret 2015, Lisa melakukan pekerjaan pemodelan pertamanya untuk merek pakaian jalanan Nona9on, mengikuti merek kosmetik Korea Selatan, Moonshot pada 2016.

2016 : Debut di Blackpink

Pada bulan Agustus 2016, Lisa memulai debutnya sebagai salah satu dari empat anggota kelompok gadis Korea Selatan Blackpink, serta non-Korea pertama yang debut di bawah agensi. Blackpink memulai debutnya dengan album tunggal Square One dengan singel utama "Whistle" dan "Boombayah". "Whistle" mencapai "all-kill" yang sempurna, melampaui semua tangga lagu Korea Selatan saat debut. Pada Juli 2019, grup ini telah merilis satu album studio Jepang, Blackpink in Your Area, tiga drama diperpanjang, Blackpink, Square Up and Kill This Love, dan dua album tunggal, Square One dan Kotak Dua.

Lisa ditempatkan oleh program variety militer MBC Real Man 300 sebagai anggota tetap di acara itu sebagai bagian dari edisi Akademi Tentara Korea mulai 21 September 2018 dan seterusnya. Acara itu menandai peran permanen pertamanya pada program televisi sejak debut. Penampilannya membuatnya mendapatkan penghargaan tidak resmi berjudul "Karakter Tahun Ini" melalui Penghargaan Hiburan MBC 2018. Pada 5 November 2018, ia meluncurkan saluran YouTube nya, Lilifilm Official, yang berfokus pada Travelling and Lifestyle. Pada Juli 2019 ia memiliki lebih dari 1,3 juta pelanggan, dan telah menerima Tombol Putar Emas YouTube. Pada 15 Oktober 2019, Manoban diumumkan untuk bergabung dengan angsuran ketiga dari program survival Cina iQiyi, Idol Produser sebagai mentor.

2. Kim Jennie


Kim Jennie (Hangul: 김제니; lahir 16 Januari 1996) adalah seorang penyanyi asal Korea Selatan. Ia pindah ke Auckland, Selandia Baru, dan kembali ke Korea saat dia dikasting oleh YG Entertainment di usia 14 tahun.

Jennie masuk dan bergabung menjadi trainee YG Entertainment pada tahun 2010 selama kurang lebih 6 tahun sebelum akhirnya debut dengan BlackPink. Dari tahun 2012, Jennie telah beberapa kali menjadi model dan berkolaborasi bersama artis-artis YG, seperti menjadi model dalam video musik G-Dragon dalam lagu yang berjudul "That XX", Seungri dalam lagu "GG Be", dengan Lee Hidilagu "Special" dan dengan beberapa penyanyi lainnya. Kim Jennie juga pernah duet dipanggung Inkigayo dengan G-Dragon untuk penampilannya yang berjudul "Black".

3. Kim Ji-soo


Kim Ji-soo (Hangul: 김지수); lahir di Seoul, 3 Januari1995) adalah seorang penyanyi asal Korea Selatan. Kim Jisoo adalah anggota BLACKPINK sebagai vokal dan visual utama.

Jisoo bergabung dengan YG Entertainment sebagai trainee pada Juli 2011 saat masih berusia 16 tahun hingga kemudian pada Agustus 2016 ia menjadi anggota BLACKPINK. Sebelum debut, ia muncul di berbagai macam iklan komersial (CF), seperti Samsonite RED bersama aktor Lee Min-ho dan Smart Uniform dengan senior mereka iKON. Dia juga muncul di musik video Epik High "Happen Ending and Hi Suhyun "I'm Different".

Pada 2015, dia tampil di drama KBS The Producers sebagai tamu, bersama dengan senior se-agensi Sandara Park dan Kang Seung-yoon. Pada 1 Februari 2017, SBS mengumumkan bahwa Jisoo akan menjadi MC baru untuk Inkigayo pada 5 Februari 2017 hingga 4 Februari 2018 bersama dengan Got7's Jinyoung dan NCT's Doyoung.

Sebelum dia menjadi trainee di YG, dia dikenal oleh banyak orang karena dia adalah seorang wanita muda yang sangat cantik. Dia sangat populer di sekolah karena wajahnya yang cantik dan karena bakatnya. Dia dulu belajar di Sekolah Tinggi Seni Pertunjukan Sekolah. Dia akhirnya pindah sekolah ketika keluarganya pindah ke Seoul, Korea Selatan. Pada tahun 2012, ia terungkap melalui “Who’s That Girl?” Teaser oleh label, dan diikuti dengan dua foto pada bulan Januari tahun berikutnya.

4. Roséanne Park (Rose)


Roséanne Park(Bahasa Korea: 박채영, Jepang: またはパク・チェヨン), yang lebih dikenal dengan nama panggungnya Rosé (lahir 11 Februari 1997). Ia lahir di Selandia Baru dan dibesarkan di Melbourne, Australia.

Pada tahun 2004, pada usia tujuh tahun, Rosé dan keluarganya pindah ke Melbourne, Australia. Rosé bersekolah di Canterbury Girls' Secondary College di Melbourne. Ia mulai bernyanyi dan belajar bermain gitar dan piano saat masih kecil dan tampil di paduan suara gereja.

Pada 2012, Rosé yang berusia 15 tahun menghadiri audisi di Australia untuk label rekaman Korea Selatan YG Entertainment atas saran ayahnya dan menempati peringkat pertama di antara 700 peserta. Dalam dua bulan ia telah menandatangani dengan label dan pindah ke Seoul. Rosé awalnya menganggap ide ayahnya adalah lelucon karena jarak dan kesulitan menjadi penyanyi di luar negeri, dengan menyatakan:

Di Australia, saya tidak berpikir bahwa ada banyak kesempatan bagi saya untuk menjadi seorang penyanyi, terutama untuk menjadi bintang K-pop ... Saya tinggal begitu jauh dari negara itu sehingga tidak pernah benar-benar terpikir oleh saya sebagai seorang penyanyi.

Pada tahun yang sama, Rosé diberi kesempatan untuk tampil di lagu labelmate G-Dragon "Without You" dari EP One of a Kind (2012). Namanya tidak dipublikasikan pada saat rilis dengan kreditnya terungkap setelah pengumumannya sebagai anggota Blackpink. Lagu ini memuncak di nomor sepuluh di Gaon Music Chart Korea Selatan dan di nomor 15 di Billboard Korea K-pop Hot 100.

Rosé dilatih di YGE selama empat tahun sebelum pengumumannya sebagai anggota Blackpink pada Juni 2016. Dia adalah anggota terakhir yang terungkap. Grup ini memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 dengan album tunggal Square One dan singel utama " Whistle " dan Boombayah". Penyanyi ini juga muncul di berbagai program siaran seperti acara musik King of Masked Singer dan Fantastic Duo 2. Penampilan vokalnya di King of Masked Singer disambut dengan sambutan hangat oleh para penonton, di mana Rosé berkomentar bahwa dia "tidak tahu apakah penonton ingin [dia] bernyanyi" dan bahwa dia merasa "bahagia dan lega" di acara tersebut. hasil positif. 

Rosé kemudian muncul sebagai pemain di musim kedua Fantastic Duo . Staf produksi acara menyatakan bahwa penampilannya dimaksudkan untuk "mengungkapkan daya tarik vokal Rosé, yang berbeda dari Blackpink"

Sumber : Wikipedia
LihatTutupKomentar